Senin, 14 Januari 2013

Tips dan Trik mendampingi anak belajar untuk UN

Sekarang ini nilai UN memang tidak lagi menjadi satu-satunya penentu untuk kelulusan, tetapi hingga tahun ajaran 2011/2012, untuk masuk ke SMP negeri masih menggunakan nilai UN murni

Ada beberapa hal yang ingin saya bagikan kepada orangtua yang tidak mengikutsertakan anaknya les di tempat bimbingan belajar. Ini adalah pengalaman pribadi saat mendampingi anak saya mempersiapkan UN 2011 dan keponakan UN 2012 untuk  tingkat SD.

PELAJARI KISI-KISI UN

Biasanya bulan Januari setiap tahun Kemendiknas sudah mempublis kisi-kisi UN untuk semua tingkatan pendidikan, anda dapat mencari di website-nya.
Kisi-kisi keluaran Kemendiknas ini sangat membantu agar anak kita fokus pada materi pelajaran yang akan keluar di soal ujian nanti, karena hanya sebagian kecil materi yang akan di jadikan soal  dari keseluruhan materi yang dipelajari selama 6 tahun di bangku SD. 

PELAJARI SOAL-SOAL UN TAHUN SEBELUMNYA

Soal ujian tahun sebelumnya bisa memberikan gambaran nyata dari kisi-kisi yang telah kita pelajari. Pengalaman saya tahun 2011 soal UAN tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tapi di tahun 2012 terjadi perubahan yang cukup mencolok. Jika tahun ini kisi-kisi UN tidak berbeda dari tahun lalu maka kemungkinan besar soal-soal ujian pun tidak akan jauh beda.

MULAI BELAJAR DARI SAAT INI

Belajarlah seawal mungkin dan berkesinambungan. Caranya pelajari seluruh materi pada kisi-kisi secara bertahap kemudian tes daya serap anak dengan latihan soal (banyak buku yang berisi soal-soal tipe UN)
khusus untuk matematika anak diminta untuk menuliskan cara penyelesaian soal yang dikerjakan sehingga kita dapat mengetahui apakah si anak sudah faham atau belum

Memang cukup melelahkan bagi anak juga orangtuanya, karena belajar seperti ini  menguras energi dan waktu, tapi hasilnya cukup menggembirakan anak saya nilai UN 26,95 nilai matematikanya 9,75 sementara nilai keponakan 26,60 matematikanya 9,50 lumayan bisa masuk SMP negeri favorit di daerah saya.
Jika anda dapat lebih memaksimalkan waktu belajar anak anda maka hasilnya pasti jauh lebih baik lagi.     




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar